Monday, June 18, 2018

SURABAYA URBAN CULTURE FESTIVAL 2018 "TUNJUNGAN NOW"


Apa yang ada di pikiran anda ketika mendengar kata tunjungan? Mungkin anda langsung teringat tentang tempat membeli VCD xxx, kaos bootleg, atau rokok import. Atau mungkin anda akan langsung teringat dengan lagu "rek ayo rek" yang legendaris itu. Lagu yang di liriknya terdapat kalimat "rek ayo rek, mlaku-mlaku nang Tunjungan (guys ayo guys, jalan-jalan ke Tunjungan)". Walaupun saat ini pada kenyataanya kita tidak benar-benar berjalan kaki, melainkan naik kendaraan. Namun entah bagaimana tetap saja disebut mlaku-mlaku (jalan-jalan).
Sadar atau tidak, saat ini pejalan kaki menjadi kasta paling rendah di jalan. Perilaku seperti pengendara sepeda motor yang berkendara di atas trotoar, pada saat lampu merah berhenti tepat di atas zebra cross, menjadi contohnya. Belum lagi ketika harus menyeberang di jalan yang tidak dilengkapi zebra cross, ada perasaan was-was semacam adrenalin rush yang bergejolak di dada.
Dan pada tanggal 28 April 2018 , Jalan tunjungan menampilkan sebuah wajah yang sangat berbeda. Wajah sebuah koridor ruang luar yang benar-benar menempatkan pejalan kaki sebagai kasta paling atas. Semacam implementasi dari kata "mlaku-mlaku" yang sebenarnya.
Hingar-bingar di sepanjang jalan. Para pejalan kaki yang mentake over Jalan Tunjungan, serta gang-gang di sepanjang jalan tersebut.
Hype acara tersebut tidak hanya di sepanjang jalan Tunjungan saja, namun terasa sampai ke gang-gang di sekitarnya. Gang-gang dan penguni dengan keriaan yang serupa dengan Jalan Tunjungan.
Tidak seperti hari biasa, dimana kita dapat merasakan kesenjangan ambience antara Jalan Tunjungan dan gang-gang disekitarnya. Kita akan merasakan polusi, asap, serta lalu lalang kendaraan dan segala macam percepatan yang ada di Jalan Tunjungan terasa sangat kontras dengan gang-gang yang ada di sepanjang jalan tersebut.
Apabila anda belum sempat mampir ke acara tersebut, dan anda penasaran. Anda bisa melihat-lihat fotonya di Instagram saya berikut ini ->
Apabila anda ada kuota berlebih dan ingin menyaksikan footagenya, anda bisa mampir ke youtube heyhoticcotv ini ->
Apabila anda penasaran dengan scoring footage video tersebut, anda bisa mampir ke souncloud ini ->
Semoga hari anda menyenangkan. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment