Wednesday, November 22, 2017

TEMPLATE CURRICULLUM VITAE GRATIS


Akhir-akhir ini banyak sekali dibuka rekrutmen pegawai, mulai dari pegawai negeri (CPNS, BUMN, dll) sampai pegawai swasta (bank, perusahaan swasta lainya). Mungkin karena berdekatan dengan jadwal wisuda perguruan tinggi. Tapi, menurut saya rekrutmen pegawai kali ini lebih heboh dari semester lalu, bahkan beberapa tahun yang lalu di semester yang sama.
Salah satu hal yang hampir selalu ada ketika anda melamar pacar anda pekerjaan adalah Curriculum Vitae (CV). CV berasal dari bahasa latin yang dapat diartikan secara bebas sebagai perjalanan hidup (CMIIW). Jadi, dapat disimpulkan bahwa CV adalah persekutuan komanditer sebuah dokumen yang berisi tentang daftar riwayat hidup, atau gambaran mengenai biodata, pengalaman, serta kualifikasi seseorang. Penjelasan lebih detailnya silahkan anda googling di google sendiri.
Setelah anda memahami etimologi dan definisi dari CV, maka sekaranglah saatnya anda membuat CV anda sendiri. Saya sarankan kepada anda untuk membuat CV yang menarik. Sebuah CV yang nampak bersinar diantara tumpukan CV yang lain, sehingga penglihatan sang recruiter tertuju pada CV anda dan kemudian tidak ragu untuk memilih anda. Menurut saya, parameter CV yang menarik adalah sebagai berikut:
  • Estetis
Parameter utama agar CV anda menarik adalah perhatikan estetika CV anda. Pemilihan font dan ikon serta penataanya sangat mempengaruhi estetika CV anda. Perhatikan juga pemilihan bentuk dan ukuran dari font dan ikon tersebut. Selain itu, penentuan komposisi warna juga berpengaruh terhadap estetika CV yang akan anda buat. Jadi, ketika akan membuat suatu CV usahakan font, ikon, dan warnanya membentuk sebuah kesatuan dan berpadu secara seimbang.
  • Keterbacaan
Keterbacaan sangat berkaitan dengan poin-poin yang ada pada parameter sebelumnya. Perhatikan bentuk dan ukuran font yang anda gunakan. Gunakan bentuk font yang mudah terbaca, dengan ukuran yang tidak terlalu kecil. Perhatikan pula jarak kerapatan masing-masing font. Selain itu anda juga harus memperhatikan komposisi warnanya.
  • Content CV yang disajikan secara lengkap dan ringkas
Parameter berikutnya adalah content yang ada pada CV anda harus lengkap, dengan memaparkan informasi yang detail, relevan, dan akurat mengenai diri anda kepada pembaca CV. Lengkap disini bukan berarti CV anda berjumlah lebih dari 5 halaman. Maka dari itu, selain lengkap cobalah anda menulis secara ringkas.
  • Konsistensi
Parameter yang terakhir adalah konsistensi. Parameter ini berkaitan dengan penggunaan gaya bahasa, serta content CV anda. Perhatikan penggunaan gaya bahasa dan kalimat yang konsisten. Perhatikan juga keterkaitan antara latar belakang akademis dan posisi pekerjaan yang akan anda lamar. Recruiter tentu akan berfikir seribu kali ketika melihat latar belakang akademis anda sebagai seorang sarjana sosiologi yang mendaftar posisi drafter solidwork. Atau mungkin, seorang lulusan smk jurusan gambar bangunan, kuliah jurusan akutansi, mendaftar kerja sebagai marketing. Atau mungkin, seorang lulusan teknik elektro, mendaftar kerja sebagai desainer grafis. Perhatikan juga konsistensi karier anda sebelumnya dengan pekerjaan yang hendak anda lamar.
Anda dapat mengunduh contoh CV yang saya buat khusus untuk anda pada link dibawah. Silahkan unduh secara “GRATIS”, khusus bagi anda yang ingin menangkap hype ini.
Anda juga dapat melakukan like atau komen hasil uploadnya di instagram ->
CV ini cocok untuk anda para fresh graduate yang baru diwisuda semester ini. Atau mungkin bagi anda yang sambatan setres karena terlalu banyak libur. Anda bisa coba mengirim CV kemudian pindah kerja ke tempat yang memiliki jam kerja 24 x 7. Atau mungkin bagi anda, seorang freelancer yang ingin cari kerja kantoran untuk status agar tidak dibilang tidak laku kerja. Dibilang begitu sama orang yang menganggap freelancer = pengangguran, bekerja = ikut perusahaan.
Atau mungkin bagi anda yang ingin macak ndesyen, padahal bukan.
Well, apapun motivasi anda bekerja, semoga anda mendapatkan tempat kerja, dan posisi yang diinginkan. Dengan lingkungan kerja yang guyub, sehat, tanpa politik kantor yang saling sikut.
Amin.

1 comment: